20 April, 2017

Mie Belitung Atep, Tanjung Pandan (Review)

Nikmatnya Makan Mie Belitung Atep dan Es Jeruk Kunci Segar!

Setelah pelototin banyak itinerary orang di Pulau Belitung, saya menyimpulkan kalau semua pasti akan ke Mie Belitung Atep. Sebagai penyuka mie, saya dan Afid gak mau ketinggalan dong nyicip mie yang hits ini. Apalagi jaraknya hanya beberapa ratus meter dari hotel tempat kita menginap. Gimana rasanya? Hwooooh, enak banget! Manis gurih enak siiis!

Kalau punya nafsu makan yang besar, silahkan ambil ancang-ancang untuk pesan dua porsi. Buat saya aja yang gampang kenyang, sepiring mie atep terasa kurang nendang porsinya. Gimana yang biasa Portugal, alias porsi tukang gali? Sepertinya lebih cocok dibilang penunda lapar, hehehe.

Soal rasanya menurut saya sih juara. Asli deh. Mie nya persis spaghetti, kemudian disiram dengan kuah keruh kental. Kuah ini punya jejak rasa kaldu udang yang berasa banget. Rasa manis dari kuahnya dihasilkan dari gula aren. Kemudian di dalamnya diberi rebusan tauge, potongan kentang, tahu, juga semacam potongan bakwan dan beberapa ekor udang kecil. Lalu diberi irisan tipis mentimun dan emping di atasnya. Mantap!

Untuk menyeimbangan rasa manis gurih, saya menaruh sedikit sambal supaya pedes nyoss. Hati-hati, sambalnya pedes banget, Afid langsung garuk-garuk kepala begitu campur sambalnya. Sepiring mie Atep gak perlu lama-lama sampai ludes nggak bersisa.

Ibarat Anang Ashanti dan bagaikan Fauzi Fauzan, katanya sih nggak afdol kalau makan mie Atep tanpa minum es jeruk kunci. Sayangnya pegawai rumah makan yang mayoritas oma-oma yang sudah sepuh tidak memberi pilihan, padahal es batu nya kebanyakaaan menurut saya. Tapi memang segar, sebagaimana kita minum es jeruk peras.

Sebetulnya sih nggak rencana untuk ke sini begitu tiba di Bandara Tanjung Pandan. Tapi kami harus mengantarkan pak Muliadi, orang rental mobil yang menjemput kami di Bandara ke tempat yang diminta. Karena sudah dekat pusat kota Tanjung Pandan, yasudah lanjut aja ke Mie Belitung Atep. Padahal kalau ikut rencana semula, dari Bandara kita mau cuss langsung ke Manggar, Belitung Timur. Lumayan kaan menghemat jarak sekian kilometer dibanding mampir ke kota dulu.

Untungnya kami tiba di jam 11.00, masih tanggung untuk makan siang. Jadi mie Atep belum terlalu ramai. Bahkan sempat papasan dengan muka-muka familiar orang satu pesawat kami yang ternyata juga langsung ke sini begitu mendarat. Tidak ada buku dan daftar menu, pesanannya ya hanya mie saja. Katanya jika pagi hari, tersedia nasi tim juga.

Sepertinya Mie Belitung Atep menjadi salah satu kuliner paling dicari kalau ke Belitung. Di dindingnya, banyak sekali foto Bu Atep, pemilik restoran dengan berbagai public figure, politisi, artis, pokoknya yang sering ada di TV laah. Bu Atep juga selalu stand by di kursi kasir depan. Melihat begitu banyak foto pemilik restoran di dinding, rasanya saya jadi kepingin foto sama si ibu. Hihihi.

Kalau berniat wisata kuliner sekaligus ke Warung Makan Mak Janah dan Warung Kopi Ake, nggak perlu pindahin kendaraan. Karena jarak ketiganya deket banget, hanya 100 meter. Bahkan Warkop Ake dan Warung Mak Janah lokasinya sebelahan di ruko depan bundaran Tanjung Pandan.

Oh iya, meskipun banyak yang info kalau buka dari jam 08.00 – 20.00, tapi beberapa kali saya melihat rumah makan ini tutup. Begitu juga dengan rumah makan terkenal lain di Tanjung Pandan, yang sering terlihat tutup padahal siang hari atau masih sore.