21 November, 2015

Kuliner Cilegon: Ketagihan Sate Bebek dan Sop Sapi di Sate Asmawi!


 Katanya sih, makan bukan hanya masalah rasa, tapi sensasinya. Di Sate Asmawi, bau asap dan keringat justru bikin makan makin nikmat. Menu makanannya sedap-sedap, ada sate bebek, sate kambing, juga sop sapi dan sop bebek yang kuah beningnya terasa mantap. Ihh tuh kan jadi ngiler lagi! :D

Kelar urusan pekerjaan, lanjut ke masalah perut. Beberapa jenis makanan yang disebut-sebut khas dan enak di Cilegon adalah sop kepala ikan dan juga sate bebek. Mengingat menu pindang yang dahulu pada masanya sering ke Palembang tidak terlalu saya gemari, sop kepala ikan di Cilegon juga nggak terlalu bikin saya kepingin. Maklum ya tshay, saya kurang sip kalo makan ikan dengan kulitnya yang lembut dan lembek, KEPALA pula. Hehehe. Tapi untuk sate bebek, wiihhh saya penasaran banget!

Sate bebek di Sate Asmawi (Rp 21.000/10 tusuk) juara bangets! Bumbu sate nya enak sekali di lidah, pedas-pedas manis dan gurih. Disajikan bareng bumbu kecap dengan irisan tomat dan cabai. Karena kaya bumbu, sate bebeknya sudah terasa mantap tanpa cocolan apapun. Sesekali juga saya makan satenya sambil menusukkan potongan tomat segar di campuran bumbu kecap. Tuh kaaaaan jadi ngiler lagiiii… Kabarnya, sate bebek ini baru tersedia di atas jam 4 sore karena proses marinasi nya lama.

Sop sapi nya gimaneh? Sebelas dua belas lah, enak banget juga! Kuahnya bening dan gurih, dengan irisan kol dan tomat. Ditambah lada dan sambal makin sedap! Isinya adalah tulang dan daging sapi. Pake nasi, ditambah emping dan bawang goreng, adeuhhh nyaiii, nambah nasi pasti. Sop sapi ini harganya ekonomis, Rp 12.000 aja seporsinya.

Sate Asmawi lokasinya lumayan besar. Kurang lebih 50 orang bisa lahh masuk sini. Selama makan dijamin keringetan. Dan pulang-pulang baju dan jilbab bau asap! Tapi itulah seninya makan enak, ya kan siiiiis…. Jangan lupa mampir yaks kalo lagi di Cilegon!

Pondok Sate dan Sop Asmawi

Jl. Raya Cilegon Serang, samping Toko Hijab Story, Telp: 0254-377563